Minggu, 18 Desember 2016

Manajemen Media Massa 3

Jenis-Jenis Pasar


1. Pasar Informasi
       
       Pasar ini melihat nilai dari sebuah informasi. Informasi yang menarik harus up to date. Begitu juga informasi mengenai hal yang terjadi di sekitar kita akan lebih laku dari hal yang jauh. Pasar informasi ini harus memperhitungkan daerah geografis, demografis, dan ekonomi masyarakat apabila ingin menyebarkan sebuah informasi.
a. Faktor Geografis : Dalam menentukan informasi yang akan disebarluaskan, kontennya harus melihat faktor geografisnya. Contohnya kita memilih wilayah Tangerang. Kita harus menyesuaikan konten yang akan kita sampaikan dengan wilayah Tangerang. Seberapa untungnya kah kalau kita menyebarkan suatu media di wilayah Tangerang? Apakah konten yang akan kita berikan sesuai dengan daerah tersebut? Dengan menentukan daerah geografis, kita juga bisa menentukan banyak konsumen yang akan kita sasarkan.
b. Faktor Demografis : Sebelum menerbitkan sebuah media, kita harus tau target pemasarannya siapa. Kita harus mempertimbangkan usia dan juga tingkat pendidikannya.
c. Faktor Ekonomi Masyarakat : Selanjutnya kita harus menentukan target kelas pembaca. Dari golongan manakah mereka? Apakah kelas A, B, atau C? Dari hal tersebut, kita bisa menentukan isi konten dan harganya yang sesuai. Jika media cetak mau membuat koran untuk golongan A, kualitas kertas dan percetakannya harus dibuat sesuai dengan standard golongan A. Pilihan topik juga harus sesuai dengan golongan yang dipilih.

2. Pasar Intelektual

       Dapat dilihat dari siapa penulisnya. Koran yang berbobot pasti memiliki penulis yang berbobot sehingga menciptakan koran yang berbobot. Koran yang berbobot akan dilirik/ dijadikan bahan referensi oleh banyak orang "inteletual", seperti profesor, doktor.

3. Pasar Iklan

       Penerbit media massa harus memikirkan pemasang iklan agar mereka ttidak merasa dirugikan oleh harga. Cara menghitung iklan (keuntungan) pada media cetak dapat memakai CPM (Cost per Mil).

4. Pasar Loak

       Menjual barang bekas/koran bekas yang tidak laku.


Question!

Bagaimana jika pasar informasi bagus, tetapi pasar iklan tidak ada? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?
1. Karena pasar informasinya terlalu bebas sehingga tidak spesifik ataupun terlalu sempit.
2. Kontennya memihak. Kontennya selalu menjadi hitter di bagian tertentu. Contoh memihak partai tertentu.
3. Sikap politiknya. Korannya terlalu oposisi. Memusuhi pemerintah sehingga iklan pemerintah tidak ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar