Minggu, 18 Desember 2016

Manajemen Media Massa 4

Sumber Daya Manusia


Dalam usaha redaksi media cetak, ada tingkatan dalam SDM:

1. Calon Reporter 
       Pada usaha media cetak, calon reporter yang telah bekerja selama 6 bulan - 1 tahun akan diangkat menjadi reporter. Jika calon reporter tersebut selama bekerja tidak memiliki kinerja yang baik, maksimal 3 tahun akan dilihat kembali apakah ada perubahan atau tidak, tetapi jika tidak ada peningkatan maka akan dikeluarkan.

2. Reporter Pemula
       Reporter harus bisa berpikir secara logis dan memiliki keberanian. Dahulu dalam penilaian reporter, harus mengikuti kursus yang bernama STENO (Ahli ngetik) yang menjadi acuan persyaratan reporter. Sedangkan sekarang diganti menjadi ahli Ms.Word. Dahulu juga yang sekarang tidak berlaku lagi adalah kemampuan mengirim telegam. Dalam mengirim telegram memiliki tempat yang khusus, yaitu PTT (Pos, Telepon, Telegram). Telegram sama seperti pos tapi lebih cepat sampai. Telegram dulunya dikuasai oleh pemerintah karena dianggap berbahaya. Lalu beralih ke Teleks. Teleks dapat langsung diterima oleh penerima, namun tidak bisa ke banyak orang. Lalu pindah ke Pancher. Pesan yang dikirim oleh pancher disampaikan berupa lubang-lubang yang memiliki arti satu huruf. Kemudian beralih ke Fax. Sama seperti Teleks, point per point tidak bisa sekaligus dikirim ke banyak orang. 

       Teknologi sangat berpengaruh dalam penentuan SDM. Karena dalam menentukan SDM di media massa harus padat modal dan padat karya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar